Apakah Luka Bakar Knalpot Bisa Hilang?

Apakah luka bakar knalpot bisa hilang?

Apakah luka bakar knalpot bisa hilang? Pertanyaan tersebut dilontarkan karena memang banyak orang yang tidak ingin kehilangan penampilan terbaiknya.

Luka bakar knalpot biasanya terjadi akibat pengendara yang secara langsung kulitnya mengenai knalpot akibat peristiwa kecelakaan tunggal, melibatkan kendaraan lain, maupun hal-hal yang tidak disengaja.

Luka bakar knalpot sebenarnya bisa sembuh, tetapi juga dapat melepuh apabila tidak dilakukan penanganan secara tepat dan optimal, bahkan bisa berefek bopeng bertahun-tahun lamanya.

Berikut Kapsul Kutuk Asli rangkum mengenai apakah luka bakar knalpot bisa hilang dan beberapa penjelasan yang mendasari mengenai pertanyaan tersebut.

Apakah Luka Bakar Knalpot Bisa Hilang?

Apakah luka bakar knalpot bisa hilang?

Sebelum menjawab lebih jauh mengenai luka bakar knalpot, alangkah baiknya kamu ketahui terlebih dahulu mengenai macam-macam derajat pada luka bakar.

Setidaknya, ada beberapa tingkatan derajat luka bakar pada kulit:

  • Derajat luka bakar tingkat 1 (superficial burn). Luka bakar tingkat 1 ini hanya mempengaruhi bagian lapisan kulit luar atau epidermis saja. Kulit yang mengalaminya biasanya akan terlihat merah, kering, dan terasa sakit. Biasanya, luka bakar ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu sering. Sementara itu, waktu penyembuhannya cepat dan dapat sembuh secara sendiri.
  • Derajat luka bakar tingkat 2 (superficial partial-thickness burn). Luka bakar tingkat 2 ini mempengaruhi epidermis dan sebagian lapisan dermis kulit (lapisan kulit lebih dalam). Kulit yang mengalaminya biasanya akan terlihat merah, melepuh, lecet, sakit, bahkan bengkak. Biasanya, luka bakar ini dapat ditangani melalui pengobatan tanpa operasi.
  • Derajat luka bakar tingkat 3 (full thickness burn). Luka bakar tingkat 3 ini mempengaruhi seluruh lapiran epidermis dan dermis, atau malah jauh lebih dalam lagi. Kulit yang terbakar akan tampak putih dan kasar, tetapi bisa hangus dan mati rasa. Biasanya, operasi atau bedah menjadi salah satu pilihan utama untuk bisa menyembuhkan penyakit luka bakar yang sudah sampai derajat 3.

Luka bakar yang mengalami hiperpigmentasi (bercak gelap pada kulit) pada umumnya bisa menghilang dengan sendirinya.

Hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit memang tidak berbahaya, tetapi biasanya sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika tidak kunjung menghilang, maka penting untuk konsultasi dengan dokter secara langsung.

Akan tetapi, rentang waktu yang dibutuhkan guna melakukan pemulihan jaringan pigmen kulit berbeda-beda, tergantung dari seberapa dalam kerusakan kulit yang terkena.

Bisa jadi saja, apabila semakin dalam lapisan kulit yang terkena, maka proses pemulihan yang terjadi semakin bertahun-tahun. Tidak menutup kemungkinan juga bahkan ada yang tidak pulih sepenuhnya.

Mengapa Bekas Luka Bakar Knalpot Sulit Dihilangkan?

Biasanya, salah satu jawaban pasti mengapa luka bakar akibat knalpot sulit dihilangkan karena luka bakar tersebut umumnya terjadi cukup dalam.

Pada lesi bekas terkena knalpot terdapat bekas kehitaman yang berbentuk lingkaran atau oval pada bagian luar, yang juga terdapat bintik-bintik kecil kehitaman atau malah terlihat pucat pada bagian dalamnya.

Bintik-bintik pada luka bakar bekas knalpot itu sebenarnya adalah folikel rambut.

Tahukah kamu?
Bahwasannya luka yang mengenai hingga folikel rambut, biasanya akan sulit hilang secara sempurna. Hal ini diakibatkan letaknya yang cukup dalam hingga lapisan dermis.

Yang terpenting, saat kulit terkena knalpot, langkah pertama yang harus dilakukan ialah:

  1. Mengalirkan air dingin (bukan air es) selama kurang lebih 20 menit pada bagian luka sebelum kulit tersebut mulai melepuh.
  2. Siapkan kain lembut atau kasa yang telah dibasahi air dingin, lalu menepukkan kain secara perlahan pada luka.
  3. Guna meregenerasi jaringan kulit dan meredakan nyeri, oleskan salep luka bakar yang dapat dibeli di apotek.
  4. Jangan sampai luka bakar terbuka lebar akibat dari gesekan dari benda-benda lain.

Sepatah Kata dari Kami

Dari pertanyaan apakah luka bakar knalpot bisa hilang di atas, sebenarnya jawaban simple, luka bakar tersebut bisa jadi hilang, bisa jadi juga tidak.

  • Bisa jadi hilang, apabila luka bakar tersebut masih di tahap derajat I dan memang berpotensi untuk dapat sembuh.
  • Bisa jadi tidak hilang, apabila luka bakar tersebut telah parah dan sudah masuk ke dalam lapisan kulit bagian dalam, sehingga luka sembuh, tetapi tidak dengan bekasnya.

Demikian mengenai sedikit pemaparan atas pertanyaan mengenai luka bakar knalpot tersebut. Hal ini sebagai bentuk waspada bagi kita semua agar jangan sampai terkena knalpot yang panas, baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja.

You May Also Like

About the Author: Habibullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.